AboUt KuCinG

TaNda- Tanda KuCinG Anda SaKiT

Jika kucing anda mulai bersikap tidak seperti biasanya, anda harus mulai waspada akan kemungkinan terjadinya gangguan kesehatan pada kucing anda.

Berikut tanda-tandanya :

·         Jarang bermain

·         Tidur lebih lama dari biasanya

·         Nafsu makannya berkurang

·         Lebih pendiam

·         Mulai menyendiri

·         Muntah-Muntah

 

MeNjAGa  KuCinG AnDa TeTap SeHat

Grooming

Ide yang sangat baik untuk mulai menggrooming kucing anda sejak masih kecil, terutama jika kucing anda berjenis bulu panjang. Kucing berbulu panjang memerlukan perhatian ekstra setiap harinya agar bulu-bulunya selalu tampil cantik, rapid an tidak kusut. Grooming dapat menghilangkan kelebihan bulu yang rontok yang dapat termakan oleh mereka dan masuk ke dalam perut. Menyisir dan menggosok akan membantu menghilangkan bulu-bulu ini dan biasanya kegiatan ini sangat di sukai oleh kucing. Grooming juga memberi anda kesempatan untuk dapat terus memperhatikan keadaan kesehatan kucing anda dan membangun hubungan yang lebih erat antara anda dan kucing anda. Bersikap lah lembut dan jadikanlah kegiatan Grooming sebagai pengalaman yang menyenangkan dan membahagiakan.

Vaksinasi

Untuk mencegah dan melindungi kucing anda dari berbagai infeksi enteritis feline dan influenza feline, anak kucing sebaiknya di vaksinasi. Injeksi pertama biasanya di berikan pada usia 8-9 minggu dan yang kedua ketika berumur 12 minggu. Kucing sebaiknya di jauhkan dari kucing-kucing lain dan tetap berada di dalam ruangan selama 10 hari setelah injeksi kedua untuk memastikan perlindungan yang maksimum.

Untuk meningkatkan tingkat perlindungan, pada kucing dewasa di butuhkan regular booster ( biasanya sekali setiap 1-3 tahun ). Dokter hewan anda akan memberi penjelasan mengenai program vaksinasi tersebut dan segala resiko yang berhubungan dengan berbagai gejala penyakit di sekitar anda. Di perkotaan, di mana tingkat densitas kucing tinggi, resiko infeksi akan jauh lebih tinggi.

Worming

Cacingan akan membuat kucing anda lemah. Kucing sebaiknya di berikan perawatan melawan cacingan pada minggu ke 4-6 dan kemudian di berikan secara regular setiap 2-3 minggu sampai mereka berumur 4 bulan. Setelah worming, kucing anda sebaiknya di berikan obat cacingan setiap 2-6 bulan tergantung pada sesering apa mereka bermain di luar dan apakah mereka berkutu atau tidak.

Fleas

Bahkan kucing yang bersih pun dapat memiliki kutu, oleh karena itu periksalah dengan teliti ketika melakukan grooming. Kutu biasanya terlihat sepert noda kecil berwarna coklat, terutama di bagian leher dan buntut. Ketika di tempatkan pada katun wool yang lembab, kutu perlahan-lahan larut membentuk lintasan darah.

Untuk control yang efektif, kutu dewasa pada kucing harus di basmi dan di lakukan pencegahan. Beberapa cara tradisional dengan pemakaian spray, shampoo dan kalung kutu dapat mengandung substansi racun yang potensial yang dapat mengganggu kucing anda dan tidak terlalu menjadi efektif. Dokter hewan anda dapat memberikan berbagai produk yang aman untuk membunuh kutu dan juga aman bagi kucing anda karena bekerja pada reseptor yang hanya ada pada serangga.

Binatang lain yang berada di sekitar rumah harus di berikan perawatan yang sama. Tempat tidur kucing harus sering di cuci atau dig anti. Dokter hewan anda juga dapat menyediakan produk yang dapat membasmi kutu di rumah anda, termasuk kutu yang terbawa oleh kucing anda.

Kotoran Telinga

Kebanyakan kucing memiliki kotoran telinga. Meskipun tidak menunjukkan gejala yang serius namun kotoran yang menumpuk banyak dapat menimbulkan iritasi yang mengakibatkan luka. Pada kasus yang parah kanal telinga dapat terbendung yang mengakibatkan terjadinya infeksi. Meskipun tidak menimbulak rasa sakit namun kotoran-kotoran di telinga dapat sangat mengganggu kucing anda dan mungkin bisa menyebar ke hewan peliharaan anda yang lainnya. Oleh karena itu sering-seringlah membersihkan telinga kucing anda dengan tissue atau kain halus yang di beri air hangat. Jika telinga kucing anda mulai menampakkan gumpalan tipis berwarna coklat yang lumayan meluas, segera hubungi dokter hewan anda untuk di periksa lebih lanjut.

Spaying (Netralisasi)

Setiap tahun makin banyak kucing yang tidak diinginkan lahir, mereka harus mencari makanan sendiri dan hidup luar rumah. Kebanyakan kucing-kucing ini tidur kedinginan di jalanan. Jika and menetralisasikan kucing anda, anda akan sangat membantu mengatasi permasalahan ini.

Kucing jantan dapat di kebiri pada umur 4-5 bulan. Penetralisasian dapat mengurangi kebiasaan kucing jantan yang biasanya mengencingi area yang di tandai sebagai wilayah kekuasaannya. Kucing anda juga tidak akan menjadi terlalu aktif dalam berusaha mencari pasangan, atau menjadi teramat sangat berperilaku agresif.

Kucing betina sebaiknya di netralisasi untuk mencegah lahirnya kucing-kucing yang tidak di inginkan. Hal ini dapat di lakukan oleh dokter hewan anda pada saat kucing betina berumur 4-5 bulan. Spaying tidak memiliki efek yang membahayakan bahkan akan mengurangi tingkat stress kucing anda akibat tingkat gairah yang tinggi, kehamilan, dan kelahiran.

 

KaluNg KuCinG

Ketika kucing anda mulai dewasa ( lebih dari 6 bulan ) anda dapat memberikan kalung yang dapat menjadi identitas dirinya jika nanti ada kemungkinan tersesat, hingga mudah di kenali. Kenakan kalung secara hati-hati, kucing seringkali sangat aktif sehingga akan sulit untuk mengenakan kalung pada kucing anda. Pilihlah waktu di mana kucing sedang tidur sehingga anda dapat memasang kalung secara leluasa. Beri sedikit ruang lebih dengan mengendorkan kalung supaya kucing anda tidak merasa tercekik dan dapat bergerak dengan leluasa. Anda juga dapat membeli kalung anti kutu yang tersedia di pet shop untuk menghindari gangguan kutu pada kucing anda.

 

MeMpErKenaLKan KuCinG AnDa

aj.jpg

 

Memperkenalkan kucing anda pada orang-orang di sekitar anda harus di lakukan secara bertahap, pelan-pelan dan secara lembut. Biasanya anak-anak yang sangat excited tanpa di sengaja dapat membuat kucing anda cedera, oleh karena itu jangan biarkan kucing anda di gendong secara spontan apalagi di tarik-tarik secara paksa. Ajarkan anak-anak anda untuk duduk di lantai dan menunggu kucing tersebut penasaran hingga mendekati anak anda dan melakukan perkenalan secara pelan. Pastikan kucing anda tidak di perlakukan seperti mainan, dan bisa berhenti bermain ketika mulai lelah. Jangan paksa kucing anda untuk terus bermain ketika kucing anda sudah mulai menunjukkan tanda-tanda malas dan lelah. Anak kucing seperti bayi binatang lainnya, memerlukan tidur dan istirahat yang banyak.

Memperkenalkan anak kucing pada anjing atau kucing lainnya harus betul-betul anda awasi untuk mencegah terjadinya pertikaian. Pengalaman yang buruk akan menjadi masalah yang sulit di atasi. Jika sejak pertama kali di perkenalkan anak kucing anda di perlakukan secara kasar oleh anjing atau kucing dewasa lainnya, biasanya itu akan membuat anak kucing anda sulit dapat bergaul secara normal.

ketika anda akan memperkenalkan anak kucing anda pada anjing atau kucing dewasa, yakinkan bahwa anak kucinga anda berada pada posisi yang membuatnya merasa nyaman dan aman dari jangkauan anjing atau kucing dewasa lainnya. Biarkan mereka berada pada posisi yang nyaman dan aman satu sama lain dan biarkan mereka melakukan pendekatan secara spontan. Hal ini memang memerlukan kesabaran ekstra untuk menunggu dan mengawasi mereka. Jangan lupa untuk memberikan hadiah bagi kucing atau anjing anda jika mereka menunjukkan sikap yang baik. Beri mereka sebuah ciuman, pelukan atau makanan.

 

 

LatihaN ToilEt

 

kucing sangat fussy mengenai kebiasaan toilet nya dan biasanya akan dapat belajar untuk menggunakan litter tray nya sendiri dengan mengikuti contoh dari ibunya. Anda hanya harus menunjukkan pada kucing anda di mana letak litter tray nya dan tempatkan kucing anda di sana setiap kali bangun di pagi hari dan setelah selesai makan, atau ketika kucing anda mulai berperilaku seperti membaui sesuatu, mencakar-cakar, atau mulai menggaruk-garuk lantai. Biasanya mereka akan mulai mencakar-cakar dan mencari sebuah sudut untuk di jadikan sebagai toilet.

Anda akan membutuhkan litter tray plastik yang dapat di isi dengan pasir, atau pasir kucing yang tersedia di pet shop. Tanah dari kebun sebaiknya tidak di gunakan untuk litter tray terutama untuk kucing yang belum di vaksin karena di khawatirkan dapat membawa penyakit dari kucing lain yang menjadikan tanah tersebut sebagai toilet. Litter tray sebaiknya di beri alas Koran untuk menghindari tumpahnya pasir selama kucing menggali, atau jika ada gunakan litter tray yang jauh lebih besar. Jika anda berniat untuk membiarkan kucing anda menggunakan kebun anda sebagai toiletnya, tempatkan litter tray di kebun anda sebagai permulaannya hingga akhirnya kucing anda terbiasa dengan lingkungan barunya.

Letakkan litter tray di pojokan yang sepi dan dapat di akses dengan mudah sehingga kucing anda tidak akan terganggu. Pastikan litter tray tidak berada dekat dengan tempat makan dan minum. Kucing biasanya segan untuk memakai litter tray jika terlalu dekat dengan tempat makan dan minum mereka.

Jangan lupa untuk sering membersihkan dan mengganti pasir di litter tray secara regular supaya kucing anda dapat terus menggunakannya dengan nyaman karena kebanyakan kucing tidak akan mau untuk terus memakai litter tray nya jika sudah mulai mencium bau yang tidak enak.

Jangan menggunakan disinfektan seperti dettol yang tampak keruh ketika bercampur dengan air karena dapat mengakibatkan keracunan dan alergi pada kucing anda. Gunakan air hangat dan deterjen untuk membersihkan litter tray. Kecuali jika anda menggunakan disinfektan yang khusus untuk membersihkan peralatan binatang piaraan.

Jika kucing anda tetap tidak bias menggunakan litter tray nya dan membuat rumah anda berantakan dengan kotorannya. Kurung kucing anda dan litter tray nya di sebuah ruangan dan jangan biarkan kucing anda keluar sampai dia benar-benar menggunakan litter tray nya.

Jika kucing anda tetap segan untuk memakai litter tray nya, bisa jadi karena beberapa hal berikut :

·         Tidak cukup bersih — kosongkan dan bersihkan lebih sering

·         Tidak cukup besar —jika kucing anda mulai besar ganti litter tray dengan yang lebih besar sehingga kucing anda bisa leluasa bergerak di dalam litter tray nya tanpa menjadi kotor.

·         Anda mungkin mencucinya dengan bahan kimia yang terlalu kuat.

·         Terlalu dekat ke tempat tidur atau tempat makanan.

·         Kucing anda tidak menyukai tekstur pasir yang anda pilih, ganti dengan pasir yang biasa di gunakan.

Ketika kucing anda sudah mulai sering keluar rumah, secara bertahap pindahkan litter tray nya ke dekat pintu. Sebarkan sedikit pasir litter tray di kebun anda sehingga kucing dapat mengenalinya dan mulai menggali di sana. Jangan biarkan memindahkan litter tray ke luar rumah sampai kucing anda benar-benar menggunakan kebun sebagai toiletnya.

 

KuCing AnDA NakAl ?

Kucing adalah makhluk yang memiliki rasa ingin tahu yang besar dan akan menginvestigasi hal-hal kecil. Tempat-tempat kecil dan gelap yang dapat mereka telusuri dengan merangkak. Oleh karena itu, jika kucing anda tiba-tiba hilang dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya anda mencarinya di lemari, laci atau kotak-kotak, barangkali mereka terpeleset dan tersesat di sana.

Pastikan tutup mesin cuci selalu dalam keadaan tertutup dan periksa sebelum di pakai. Jika kucing anda adalah penggigit tanaman, maka pindahkan berbagai tanaman yang dapat beracun bagi mereka, sebagai contoh Dieffenbachia, Poinsettia, Lily of The Valley, Christmas Cherry,Castor Oil, Avocado, Karet dan Ivy. Kucing dewasa tidak akan menyentuh tanaman-tanaman tersebut tapi kucing kecil bisa jadi sangat penasaran dan mencoba menyentuhnya.

Jika anda tinggal di apartemen di tingkat atas atau memiliki rumah berlantai, pastikan jendela selalu tertutup agar mereka tidak jatuh keluar.

Hati-hati ketika anda menggunakan bahan-bahan kimia seperti pestisida untuk kebun anda, karena dapat beracun bagi kucing anda ketika bermain di kebun atau taman anda.

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: